fbpx

Apa Itu Sendi Rahang dan Fungsinya bagi Tubuh?

Sendi rahang merupakan salah satu bagian penting dari sistem muskuloskeletal manusia. Sendi tersebut memungkinkan rahang untuk membuka dan menutup, sehingga seseorang dapat mengunyah makanan dan berbicara.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan sendi rahang, fungsinya bagi tubuh, gangguan yang mungkin terjadi, serta cara merawatnya.

Yuk, simak pembahasan lengkapnya!

 

Apa Sendi yang Ada di Rahang?

Sendi yang terletak pada bagian rahang adalah sendi rahang. Sendi ini terdiri atas dua sendi utama yang dikenal sebagai sendi temporomandibular (TMJ).

Setiap orang memiliki dua sendi temporomandibular, yakni satu di sisi kanan dan satu lagi di sisi kiri rahang.

Sendi ini terletak di antara tulang rahang bawah (mandibula) dan tulang temporal di tengkorak.

Sendi temporomandibular memungkinkan manusia untuk melakukan gerakan rahang yang kompleks, seperti membuka dan menutup mulut, mengunyah, serta berbicara.

 

Apa Itu Sendi Rahang?

Sendi rahang atau sendi temporomandibular adalah jenis sendi yang menghubungkan tengkorak dan rahang bawah di sisi kepala.

Jenis sendi tersebut memiliki struktur yang kompleks, termasuk tulang rawan, otot, ligamen, dan cairan sinovial yang melumasi sendi untuk memfasilitasi gerakan yang lancar.

Ketika seseorang membuka mulut untuk mengunyah atau berbicara, sendi ini bekerja sama dengan otot-otot sekitarnya untuk menghasilkan gerakan yang diperlukan.

 

Fungsi Sendi Rahang

Sendi yang terletak di rahang ini memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh manusia, seperti:

1. Mengunyah Makanan

Sendi rahang memungkinkan mulut kita untuk melakukan gerakan mengunyah, sehingga makanan dapat dicerna dengan baik sebelum masuk ke dalam sistem pencernaan.

2. Berbicara

Sendi ini juga penting dalam pembentukan suara dan berbicara. Gerakan rahang yang kompleks memungkinkan kita untuk mengucapkan berbagai suara dan kata-kata. Tanpa adanya sendi temporomandibular, seseorang akan kesulitan melafalkan huruf-huruf tertentu secara jelas.

3. Menelan

Selain dapat melakukan gerakan mengunyah, sendi ini juga terlibat dalam proses menelan yang dibantu dengan otot-otot di sekitarnya, lho.

 

Gangguan Sendi Rahang

Meskipun sendi ini biasanya sangat tahan terhadap tekanan dan gerakan yang konstan, nyatanya sendi ini dapat mengalami gangguan atau cedera pada beberapa kasus.

Apa saja gangguan yang dapat terjadi pada sendi rahang? Beberapa di antaranya meliputi:

1. Disfungsi Sendi Temporomandibular (TMD)

TMD atau temporomandibular joint disorder adalah kondisi yang menyebabkan nyeri pada sekelompok muskuloskeletal yang melibatkan sendi rahang, jaringan-jaringan terkait, dan otot-otot di sekitarnya.

Gejalanya dapat berupa nyeri rahang, sulitnya membuka atau menutup mulut, dan bahkan suara “klik” atau kerikil saat membuka mulut.

2. Arthritis Sendi

Kondisi ini dapat terjadi ketika sendi yang terdapat di rahang mengalami peradangan yang disebabkan oleh artritis, seperti osteoartritis atau rheumatoid arthritis. Ini dapat menyebabkan nyeri dan keterbatasan gerakan rahang.

3. Cedera Sendi

Cedera pada sendi temporomandibular, baik akibat kecelakaan atau aktivitas yang berlebihan, juga dapat menyebabkan gangguan pada sendi tersebut, lho.

 

Perawatan Sendi Rahang

Perawatan gangguan sendi ini tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Beberapa metode perawatan yang umum dilakukan, antara lain:

1. Obat-obatan

Penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi nyeri dan peradangan pada bagian sendi.

2. Fisioterapi

Terapi fisik dan latihan yang ditujukan untuk memperkuat otot-otot sekitar sendi dan meningkatkan kisaran gerakan dapat membantu mengurangi gejala TMD.

3. Penggunaan Splint

Untuk beberapa kasus TMD, penggunaan pelindung mulut khusus dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi.

4. Perubahan Gaya Hidup

Menghindari makanan yang sulit dikunyah, mengurangi stres, dan menjaga postur tubuh yang baik juga dapat membantu mengurangi gejala gangguan sendi.

 

Kesimpulan

Sendi rahang memainkan peran penting dalam kemampuan kita untuk makan, berbicara, dan menelan. Namun, pada kondisi tertentu, sendi ini dapat mengalami gangguan dan cedera. Hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan dalam fungsi sendi sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk memahami sendi ini, fungsinya bagi tubuh, serta cara merawatnya jika terjadi gangguan.

Dengan perawatan yang tepat, gangguan pada sendi ini dapat diatasi dengan baik dan memungkinkan seseorang untuk menjalani kehidupan yang sehat dan nyaman.

Jika kamu mengalami keluhan terkait sendi rahang, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter, ya.

Tentang Kami

Klinik Utama Oratio hadir untuk memberikan perawatan terbaik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Dengan lokasi yang nyaman, strategis serta layanan berstandar internasional. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Oratio.

Sosial Media

Anda Ingin Konsultasi?

Kami siap memberikan bantuan konsultasi seputar kesehatan Anda!

Klinik utama yang memberikan pelayanan medis dan dental berstandar internasional

Kontak Kami

Excellence in Care!

Klinik Utama Oratio

Jalan Trunojoyo no.14, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 ​

(022) 4239948
+62 878 2228 2077

Klinik Utama Oratio Fide

Jl. Dr. Cipto No 5, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

(022) 4231987
+62 ‭877 9878 7788‬