fbpx

7 Penyakit Mulut yang Berbahaya dan Pencegahannya

Penyakit mulut dapat terjadi pada siapa pun, baik disebabkan oleh kebiasaan, paparan zat tertentu, reaksi tubuh, maupun faktor genetik. Meski demikian, pada kondisi tertentu, seseorang dapat mengalami penyakit mulut yang berbahaya, terutama jika orang tersebut tidak memperhatikannya dan melakukan pemeriksaan medis dengan dokter.

Guna mencegah mulut terkena penyakit, artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang berbagai macam penyakit mulut dan cara pencegahannya. Mau tahu selengkapnya? Yuk, simak!

 

Apa Itu Penyakit Mulut?

Penyakit mulut mencakup beragam kondisi yang mempengaruhi mulut, bibir, gusi, lidah, dan bagian dalam rongga mulut lainnya. Beberapa kondisi ini dapat menjadi serius dan berpotensi berbahaya jika tidak ditangani secara tepat. Oleh karena itu, dengan mengenali penyakit mulut, kamu dapat mendeteksinya dan segera melakukan kunjungan dokter lebih dini.

 

Apa Saja Penyakit pada Mulut?

Umumnya, terdapat berbagai macam penyakit mulut yang dapat diketahui. Namun, beberapa penyakit mulut berikut ini tergolong rawan terjadi dan ada yang berpotensi untuk membahayakan kesehatan kamu.

1. Kanker Mulut

Salah satu penyakit paling berbahaya yang dapat mengenai mulut adalah kanker mulut. Ini terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di bibir, gusi, lidah, atau bagian lain dari mulut. Selain itu, penyebab penyakit mulut yang berbahaya ini bisa sangat beragam, mulai dari kurangnya kebersihan area mulut, merokok, minuman beralkohol, hingga faktor genetik atau riwayat penyakit keluarga.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur—seperti kandidiasis oral—dapat terjadi ketika jamur Candida albicans berkembang biak di dalam mulut. Ini umumnya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi, orang tua, atau orang dengan kondisi medis tertentu.

3. Glossitis

Glossitis adalah peradangan pada lidah yang dapat menyebabkan rasa sakit, pembengkakan, dan kesulitan menelan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi, alergi, atau iritasi.

4. Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi yang dapat dilihat dengan kemunculan bercak putih atau abu-abu di dalam mulut. Kemunculan tersebut sering kali terjadi pada pipi, gusi, atau lidah. Meskipun tidak selalu berbahaya, leukoplakia dapat menjadi tanda awal kanker mulut.

5. Stomatitis

Stomatitis atau sariawan adalah peradangan pada selaput lendir mulut yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, psikologis, trauma, hingga defisiensi vitamin seperti zat besi, asam folat, vitamin B12 atau B kompleks. Penyakit mulut ini tergolong umum dan rawan terjadi pada seseorang, tetapi perlu diperiksa oleh dokter apabila peradangan terjadi terus-menerus dan semakin parah.

6. Gingivitis

Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh penumpukan plak bakteri. Jika tidak diobati, gingivitis dapat berkembang menjadi periodontitis yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada jaringan pendukung gigi. Akibatnya, orang yang terkena penyakit mulut ini dapat mengalami kerontokan gigi.

7. Tumor Mulut

Seperti tumor pada bagian tubuh lainnya, tumor mulut juga memiliki potensi yang cukup berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani segera. Perlu kamu ketahui juga bahwa tumor mulut bisa menjadi tanda awal kanker mulut, lho.

 

Apa Saja Penyakit yang Dapat Muncul Akibat Bakteri di dalam Mulut?

Bakteri di dalam mulut dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk karies gigi, periodontitis, dan abses gigi. Pencegahan utamanya adalah menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan mengunjungi dokter gigi secara berkala atau setidaknya 6 bulan sekali.

 

Infeksi Mulut karena Apa?

Infeksi mulut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk bakteri, virus, jamur, atau iritasi. Kondisi seperti kurangnya kebersihan mulut, kebiasaan merokok, serta konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko infeksi mulut.

 

Pencegahan Penyakit di Mulut

Pencegahan adalah kunci untuk menjaga kesehatan mulut yang baik. Langkah-langkah pencegahan yang dapat kamu lakukan, antara lain:

  • Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur dan menggunakan benang gigi;
  • Menghindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol berlebihan;
  • Menghindari makanan dan minuman yang dapat merusak gigi, seperti makanan manis atau berkarbonasi;
  • Rutin memeriksakan kesehatan mulut ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan perawatan yang tepat.

 

Penyakit mulut dapat menjadi serius dan berbahaya jika tidak diobati dengan tepat. Untuk mencegah penyakit mulut, penting untuk menjaga kebersihan mulut, menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan penyakit mulut. Selain itu, kamu juga perlu rutin memeriksakan kesehatan mulut ke dokter gigi.

Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat menjaga kesehatan mulut dan mencegah munculnya penyakit yang berbahaya.

Tentang Kami

Klinik Utama Oratio hadir untuk memberikan perawatan terbaik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Dengan lokasi yang nyaman, strategis serta layanan berstandar internasional. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Oratio.

Sosial Media

Anda Ingin Konsultasi?

Kami siap memberikan bantuan konsultasi seputar kesehatan Anda!

Klinik utama yang memberikan pelayanan medis dan dental berstandar internasional

Kontak Kami

Excellence in Care!

Klinik Utama Oratio

Jalan Trunojoyo no.14, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 ​

(022) 4239948
+62 878 2228 2077

Klinik Utama Oratio Fide

Jl. Dr. Cipto No 5, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

(022) 4231987
+62 ‭877 9878 7788‬