fbpx

Scaling Gigi Adalah: Pengertian, Prosedur, dan Manfaat

Scaling gigi adalah salah satu prosedur penting dalam perawatan kesehatan gigi yang sering kali dianggap remeh. Padahal, prosedur ini memiliki banyak manfaat yang tidak hanya berdampak pada kesehatan mulut, tetapi juga pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pengertian scaling gigi, tujuan dan manfaatnya, tips sebelum dan setelah prosedur, serta efek samping yang mungkin terjadi.

 

Pengertian Scaling Gigi

Scaling gigi adalah proses pembersihan gigi yang bertujuan untuk menghilangkan plak dan tartar (karang gigi) yang menempel pada permukaan gigi dan di bawah garis gusi. Sementara itu, plak adalah lapisan lengket yang terbentuk dari sisa makanan, bakteri, dan air liur.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, plak dapat mengeras menjadi tartar yang sulit dihilangkan dengan sikat gigi biasa. Prosedur scaling biasanya dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat khusus yang disebut scaler, baik secara manual maupun ultrasonic.

 

Tujuan dan Manfaat Scaling Gigi

Tujuan utama dari scaling gigi adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Berikut ini merupakan beberapa manfaat utama dari prosedur scaling gigi:

  1. Mencegah Penyakit Gusi: Scaling gigi membantu menghilangkan bakteri dan plak yang dapat menyebabkan radang gusi (gingivitis) dan periodontitis;
  2. Meningkatkan Kesehatan Mulut: Prosedur ini membantu menjaga kebersihan mulut dan mencegah bau mulut yang tidak sedap;
  3. Mencegah Kerusakan Gigi: Dengan menghilangkan plak dan tartar, scaling gigi membantu mencegah kerusakan gigi seperti karies dan lubang gigi;
  4. Mendukung Kesehatan Umum: Penelitian menunjukkan bahwa kesehatan gigi yang buruk dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan diabetes.

 

Tips Sebelum Scaling Gigi

Sebelum menjalani prosedur scaling gigi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk memastikan proses berjalan dengan lancar, seperti:

  • Diskusikan kondisi kesehatan gigi kamu dengan dokter gigi, termasuk riwayat kesehatan mulut dan masalah gigi yang pernah dialami;
  • Jika kamu merasa cemas atau takut, bicarakan dengan dokter gigi. Mereka bisa memberikan penjelasan lebih rinci untuk mengurangi kecemasan kamu;
  • Sebelum prosedur, hindari makanan dan minuman yang dapat membuat gigi lebih sensitif, seperti makanan manis atau asam.

 

Tindakan dan Prosedur Scaling Gigi

Prosedur scaling gigi biasanya melibatkan beberapa tahapan yang semuanya bertujuan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh.

1. Pemeriksaan Awal

Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan gusi kamu untuk menentukan area yang membutuhkan perawatan lebih intensif.

2. Scaling

Dengan menggunakan scaler manual atau ultrasonic, dokter gigi akan menghilangkan plak dan tartar dari permukaan gigi dan di bawah garis gusi.

3. Polishing

Setelah scaling, dokter gigi akan melakukan polishing untuk menghaluskan permukaan gigi dan menghilangkan noda ringan.

4. Fluoride Treatment

Beberapa prosedur scaling diakhiri dengan aplikasi fluoride untuk memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan di masa depan.

 

Tips Setelah Scaling Gigi

Setelah menjalani scaling gigi, perawatan lanjutan sangat penting untuk mempertahankan hasil yang diperoleh dan mencegah masalah gigi pada masa depan:

  • Setelah scaling, gigi mungkin akan lebih sensitif. Hindari makanan dan minuman asam untuk mencegah iritasi;
  • Jika kamu merasakan sensasi nyeri, gunakan pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk gigi sensitif;
  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi;
  • Kunjungi dokter gigi secara rutin untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi lanjutan.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi dengan dokter gigi setiap enam bulan sekali.

 

Efek Samping Scaling Gigi

Meskipun scaling gigi adalah prosedur yang aman, beberapa efek samping ringan ini memungkin untuk dapat terjadi:

1. Sensitivitas Gigi

Setelah scaling, gigi mungkin menjadi lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin. Namun, jangan khawatir karena sensitivitas ini biasanya bersifat sementara.

2. Perdarahan Gusi

Beberapa orang mungkin mengalami perdarahan gusi setelah scaling, terutama jika mereka memiliki kondisi gusi yang sudah meradang sebelumnya.

3. Pembengkakan Gusi

Gusi mungkin mengalami sedikit pembengkakan atau ketidaknyamanan setelah prosedur, namun ini biasanya akan mereda dalam beberapa hari dan jarang terjadi.

4. Infeksi

Meskipun jarang, ada risiko infeksi jika perawatan pasca-scaling tidak dilakukan dengan baik. Penting untuk menjaga kebersihan mulut setelah prosedur. Lakukan kunjungan ke dokter gigi apabila kamu memiliki keluhan setelah melakukan tindakan.

Scaling gigi adalah langkah penting dalam perawatan kesehatan gigi yang tidak boleh diabaikan. Dengan memahami pengertian, prosedur, dan manfaatnya, kamu pun dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan sebelum maupun sesudah tindakan scaling, terutama bagi mereka yang ingin melakukan scaling.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi kamu untuk informasi lebih lanjut dan jadwalkan pemeriksaan rutin untuk menjaga senyum tetap sehat.

Tentang Kami

Klinik Utama Oratio hadir untuk memberikan perawatan terbaik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Dengan lokasi yang nyaman, strategis serta layanan berstandar internasional. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Oratio.

Sosial Media

Anda Ingin Konsultasi?

Kami siap memberikan bantuan konsultasi seputar kesehatan Anda!

Klinik utama yang memberikan pelayanan medis dan dental berstandar internasional

Kontak Kami

Excellence in Care!

Klinik Utama Oratio

Jalan Trunojoyo no.14, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 ​

(022) 4239948
+62 878 2228 2077

Klinik Utama Oratio Fide

Jl. Dr. Cipto No 5, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

(022) 4231987
+62 ‭877 9878 7788‬