fbpx

Ciri Infeksi Setelah Cabut Gigi: Gejala & Penanganannya!

Cabut gigi adalah prosedur medis yang umum dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah gigi, seperti gigi berlubang parah atau gigi yang rusak. Meskipun cabut gigi umumnya aman, terkadang infeksi dapat terjadi setelah prosedur tersebut. Infeksi setelah cabut gigi dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memerlukan penanganan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang ciri-ciri infeksi setelah cabut gigi yang perlu Anda ketahui.

 

Ciri Infeksi Setelah Cabut Gigi

Nyeri yang Tidak Berkurang

Salah satu ciri yang paling umum dari infeksi setelah cabut gigi adalah nyeri yang tidak berkurang atau bahkan semakin parah setelah prosedur. Anda mungkin mengalami rasa sakit yang terus-menerus di area bekas cabut gigi, yang tidak dapat diatasi dengan obat pereda nyeri biasa.

 

Pembengkakan dan Kemerahan

Infeksi setelah cabut gigi juga seringkali ditandai dengan pembengkakan dan kemerahan di sekitar area bekas gigi yang dicabut. Gusi di sekitar bekas cabut gigi mungkin terasa bengkak, merah, dan nyeri saat disentuh.

 

Panas dan Demam

Infeksi gigi setelah cabut gigi dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh, sehingga Anda mungkin mengalami demam. Jika Anda merasa panas, meriang, atau menggigil setelah cabut gigi, itu bisa menjadi tanda adanya infeksi.

 

Bau Mulut yang Tidak Sedap

Infeksi setelah cabut gigi juga dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Hal ini disebabkan oleh adanya bakteri yang berkembang biak di dalam area bekas gigi yang terinfeksi. Jika Anda mengalami bau mulut yang tidak wajar yang tidak hilang dengan menjaga kebersihan mulut yang baik, ada kemungkinan adanya infeksi.

 

Rasa Tidak Nyaman saat Mengunyah

Infeksi setelah cabut gigi bisa membuat gigi di sekitar bekas cabut gigi terasa tidak nyaman saat mengunyah makanan. Anda mungkin mengalami rasa sakit atau tekanan yang tidak biasa saat menggigit atau mengunyah makanan.

 

Adanya Nanah atau Cairan Berwarna pada Bekas Cabut Gigi

Infeksi yang parah setelah cabut gigi dapat menyebabkan terbentuknya nanah atau cairan berwarna kuning atau putih pada area bekas cabut gigi. Jika Anda melihat adanya nanah atau cairan yang tidak wajar pada bekas cabut gigi, segera hubungi dokter gigi Anda.

 

Pembesaran Kelenjar Getah Bening di Leher atau Rahang

Infeksi gigi yang serius dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening di leher atau rahang. Kelenjar getah bening yang terasa nyeri atau membengkak dapat menjadi tanda adanya infeksi yang perlu ditangani dengan serius.

 

Kelelahan yang Berlebihan

Infeksi yang terjadi setelah cabut gigi dapat menyebabkan Anda merasa lebih lelah atau lesu dari biasanya. Kelelahan yang tidak wajar atau perasaan tidak bertenaga dapat menjadi tanda adanya infeksi yang memerlukan perhatian medis.

 

Jika Anda mengalami satu atau beberapa ciri infeksi setelah cabut gigi yang disebutkan di atas, segera hubungi dokter gigi Anda. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan penanganan yang sesuai. Pengobatan mungkin meliputi pemberian antibiotik untuk mengatasi infeksi, obat pereda nyeri, atau prosedur pembersihan yang lebih lanjut.

 

Selain itu, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah infeksi setelah cabut gigi, antara lain:

 

– Mengikuti instruksi perawatan pasca operasi yang diberikan oleh dokter gigi Anda.

– Menjaga kebersihan mulut dengan rajin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan berkumur dengan larutan kumur antiseptik.

– Menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas, keras, atau pedas yang dapat mengiritasi area bekas cabut gigi.

– Hindari menghisap atau merokok, karena dapat memperlambat proses penyembuhan.

 

Kesimpulannya, mengenali ciri-ciri infeksi setelah cabut gigi sangat penting agar Anda dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi Anda. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, Anda dapat memastikan proses pemulihan yang lancar dan mengurangi risiko komplikasi lebih lanjut.

Tentang Kami

Klinik Utama Oratio hadir untuk memberikan perawatan terbaik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Dengan lokasi yang nyaman, strategis serta layanan berstandar internasional. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Oratio.

Sosial Media

Anda Ingin Konsultasi?

Kami siap memberikan bantuan konsultasi seputar kesehatan Anda!

Klinik utama yang memberikan pelayanan medis dan dental berstandar internasional

Kontak Kami

Excellence in Care!

Klinik Utama Oratio

Jalan Trunojoyo no.14, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 ​

(022) 4239948
+62 878 2228 2077

Klinik Utama Oratio Fide

Jl. Dr. Cipto No 5, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

(022) 4231987
+62 ‭877 9878 7788‬