fbpx

7 Cara Memutihkan Gigi dengan Cepat dan Aman!

Selain memiliki fungsi yang penting, gigi juga dapat menunjang kecantikan. Gigi yang bersih, rapih juga putih dapat membuat seseorang lebih cantik dibandingkan dengan orang yang memiliki gigi berantakan dan kusam. Salah satu masalah pada gigi yang sering dialami oleh orang banyak adalah gigi yang berubah warna menjadi kekuningan, kecoklatan atau bahkan berubah menjadi hitam. Perubahan warna pada gigi ini dikenal dengan istilah Diskolorasi gigi.

Gigi yang sehat adalah gigi yang memiliki warna putih gading. Memiliki gigi yang sehat berwarna putih gading adalah keinginan banyak orang. Lalu apa penyebab gigi berubah warna? Dan bagaimana cara memutihkan gigi?

Penyebab Gigi Bisa Berubah Warna

Perubahan warna kuning, coklat ataupun hitam pada gigi disebabkan oleh banyak faktor, berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi berubah warna.

1. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman tertentu dapat menodai gigi yang semula putih berubah menjadi kekuningan. Makanan dan minuman ini biasanya memiliki kandungan kromogen atau zat warna pada makanan. Makanan dan minuman tersebut seperti kopi, teh, softdrink, anggur serta buah dan sayuran tertentu yang bisa menodai gigi seperti apel dan kentang.

2. Tembakau

Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok ataupun mengunyah tembakau dapat membuat gigi berubah warna. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin dan tar yang mudah menempel pada gigi dan membuat gigi berubah warna menjadi kuning.

3. Gigi yang Kurang Bersih

Seseorang yang kurang merawat gigi seperti gosok gigi dua kali sehari dapat menyebabkan gigi tidak bersih sehingga sisa-sisa makanan menempel pada gigi menyebabkan plak dan perubahan warna pada gigi.

4. Obat-obatan

Seseorang yang mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang dan pada anak yang masih memiliki gigi berkembang dapat merubah warna gigi. Obat-obatan yang dapat merubah warna gigi antara lain antibiotik seperti tetrasiklin dan doxycycline pencuci mulut yang mengandung chlorhexidine dan cetylpyridinium chloride serta beberapa antihistamin.

5. Pertambahan Usia

Penyebab lain yang membuat gigi berubah warna adalah pertambahan usia. Seiring dengan bertambahnya usia maka lapisan luar enamel menjadi aus sehingga menimbulkan warna kuning alami dari dentin

 

4 Bahan Alami Memutihkan Gigi

Memiliki gigi putih merupakan dambaan banyak orang. Banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi baik secara alami ataupun tidak alami seperti melakukan bleaching atau veneer di klinik gigi. Cara memutihkan gigi sendiri dapat dilakukan secara alami, berikut bahan-bahan alami untuk memutihkan gigi

1. Baking Soda

Bahan alami pertama yang dapat memutihkan gigi secara alami adalah baking soda. Baking soda memiliki khasiat pemutih alami sehingga sering digunakan sebagai bahan dalam produk pasta gigi. Baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang dapat membantu untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi. Cara memutihkan gigi menggunakan baking soda dapat dilakukan dengan cara mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air pada sikat gigi. Kemudian, sikatlah gigi dengan campuran tersebut, setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

2. Buah Stroberi

Bahan alami kedua yang dapat memutihkan gigi secara alami adalah buah Stroberi. Kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu. Cara memutihkan gigi secara alami menggunakan buah stroberi dapat dilakukan dengan cara lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika membersihkan gigi. Hal ini dapat dilakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Bubuk Kunyit

Cara memutihkan gigi secara alami selanjutnya dapat menggunakan bubuk kunyit. Meskipun memiliki ciri khas berwarna kuning ternyata kunyit dapat menghilangkan noda pada gigi sekaligus mencerahkan warna gigi. Cara memutihkan gigi dengan bubuk kunyit dapat dilakukan dengan cara basahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikat gigi seperti biasa. Diamkan hingga lima menit dan bersihkan mulut dengan berkumur. Selanjutnya, sikat kembali gigi kamu dengan pasta gigi yang biasa kamu pakai. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

4. Arang Aktif

Bahan alami sebagai cara memutihkan gigi yang dapat digunakan terakhir adalah arang aktif. Arang aktif sendiri sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan pada produk pasta gigi. Selain dapat memutihkan gigi secara alami arang aktif juga dapat membantu mencegah karang gigi. Cara memutihkan gigi menggunakan arang aktif dapat dilakukan dengan cara menaburkannya di atas sikat gigi atau mencampurkannya dengan air untuk berkumur.

Rekomendasi Cara Memutihkan Gigi

Selain cara alami, terdapat cara memutihkan gigi dengan perawatan dokter. Cara memutihkan gigi dengan perawatan dokter mengharuskan seseorang untuk datang ke klinik dan melakukan tindakan. Tindakan – tindakan yang dapat dilakukan sebagai cara untuk memutihkan gigi antara lain : 

1. Scaling Gigi

Salah satu penyebab gigi berubah warna adalah gigi kotor yang terdapat plak dan karang gigi. Scaling memiliki tujuan untuk membersihkan plak dan karang gigi dengan alat khusus. Scaling dapat menghilangkan plak dan noda pada gigi. Setelah perawatan scaling, sebagian dokter gigi akan menyikat gigi pasien dengan bahan abrasif untuk menghilangkan noda pada gigi. Scaling gigi sebaiknya dilakukan secara rutin 6 bulan sekali atau sesuai anjuran dokter gigi, agar bisa terhindar dari masalah mulut seperti bau mulut, radang gusi, penyakit gusi, hingga penyakit jantung.

2. Bleaching Gigi

Cara memutihkan gigi dengan perawatan dokter lainnya adalah bleaching gigi. Bleaching gigi merupakan proses yang dilakukan oleh dokter gigi dengan bantuan gel pemutih gigi untuk menghilangkan perubahan warna pada gigi yang terlihat lebih kusam dan tidak seputih sebelumnya. Prosedur bleaching gigi sendiri dilakukan dengan cara mengoleskan bahan khusus ke permukaan gigi, lalu menyinarinya dengan sinar laser.

3. Veneer Gigi

Cara memutihkan gigi dengan perawatan dokter yang terakhir adalah dengan cara Veneer Gigi. Veneer adalah cangkang tipis yang dibuat khusus dari bahan yang sewarna dengan gigi untuk menutupi permukaan depan gigi. Tujuan dari pemasangan veneer gigi adalah meningkatkan penampilan dengan cara mengubah warna, bentuk, ukuran, atau panjangnya yang menghasilkan hasil warna sealami mungkin.

Banyak orang yang memiliki masalah pada gigi berubah warna. Banyak pula orang yang mencari cara memutihkan gigi. Memiliki gigi berwarna putih dan sehat merupakan dambaan banyak orang. Tidak hanya untuk faktor kesehatan, gigi yang putih juga dapat menunjang kecantikan sehingga seseorang dapat lebih percaya diri. Terdapat banyak cara memutihkan gigi baik secara alami ataupun dengan perawatan dokter.

Klinik utama Oratio Fide memiliki berbagai macam perawatan ataupun tindakan agar seseorang dapat memutihkan gigi. Tindakan – tindakan tersebut antara lain Scaling Gigi, Veneer Gigi, dan Bleaching Gigi. Dengan teknologi, pelayanan, fasilitas dan juga tenaga dokter yang sudah ahli dibidangnya selama bertahun-tahun, melakukan tindakan ataupun perawatan memutihkan gigi di Klinik Oratio Fide menjadi pilihan yang sangat tepat karena akan terjamin kualitas serta keamanannya.

 

Tentang Kami

Klinik Utama Oratio hadir untuk memberikan perawatan terbaik untuk Anda dan seluruh anggota keluarga Anda. Dengan lokasi yang nyaman, strategis serta layanan berstandar internasional. Dapatkan perawatan terbaik hanya di Klinik Utama Oratio.

Sosial Media

Anda Ingin Konsultasi?

Kami siap memberikan bantuan konsultasi seputar kesehatan Anda!

Klinik utama yang memberikan pelayanan medis dan dental berstandar internasional

Kontak Kami

Excellence in Care!

Klinik Utama Oratio

Jalan Trunojoyo no.14, Citarum, Kota Bandung, Jawa Barat 40115 ​

(022) 4239948
+62 878 2228 2077

Klinik Utama Oratio Fide

Jl. Dr. Cipto No 5, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171

(022) 4231987
+62 ‭877 9878 7788‬